Cara Mengatasi Masalah Mata Berair dengan Mudah

Cara Mengatasi Masalah Mata Berair dengan Mudah

Cara Mengatasi Masalah Mata Berair dengan Mudah – Seperti kita ketahui, air mata merupakan suatu pelumas mata sebagai pelindung mata dari berbagai benda asing. Fungsi air mata sendiri seperti penyaring, tapi jika mata di produksi terlalu banyak bisa menyebabkan gangguan berupa mata berair.

Cara Mengatasi Masalah Mata Berair dengan Mudah

Mata berair atau memiliki nama epiphora bukahlah hal yang serius, tapi jika terus menerus terjadi akan membuat seseorang menjadi jengkel dan menghambat aktivitasnya. Kondisi ini bisa menyerang siapa saja, termasuk bayi dan bisa terjadi pada salah satu mata atau keduanya.

Pada kasus ini lebih sering berkembang jika seseorang terkena sindrom mata kering, karena secara refleks mata akan menghasilkan lebih banyak air mata. Terlebih mata berair juga disebabkan oleh adanya masalah pada sistem aliran air mata.

Pasalnya mata dapat berair karena beberapa alasan, bukan hanya itu saja mata berair juga bisa diakibatkan oleh infeksi debu, asap, bahan kimia atau alergen lainnya.

Lantas apa saja gejala mata berair yang perlu anda ketahui? Berikut ini antara lain:

  • Mata akan terasa panas dan gatal
  • Pandangan mata menjadi kabur
  • Bagian kelopak mata membengkak
  • Mata memerah disertai bersin-bersin
  • Sakit pada mata ketika keluarnya cairan atau serpihan kulit kering karena saluran air mata tersumbat

Cara Mengatasi Masalah Mata Berair dengan Mudah

Sebagian orang yang mengalami mata berair tidak membutuhkan perawatan khusus. Hal ini karena bisa membaik dengan sendirinya. Terkadang, keadaan ini pun bisa menjadi masalah kronis hingga membutuhkan penanganan khusus.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi masalah mata berair yang mudah anda lakukan, diantaranya:

  • Mengompres mata dengan menggunakan handuk yang sudah di basahi dengan air hangat selama beberapa kali dalam sehari agar tidak terjadi penyumbatan pada saluran air mata.
  • Gunakan obat tetes mata untuk menangani mata kering
  • Bila terkena alergi, mengkonsumsi obat antihistamin dapat membantu mengatasinya
  • Medis atau dokter mungkin akan merekomendasikan obat antibiotik bila mata berair yang anda derita disebabkan oleh konjungtivitas atau infeksi mata lainnya
  • Adapun pilihan terakhir, dokter akan menyarankan jalur operasi bila penyumbatan saluran air mata sudah mengalami keparahan

Nah, itulah informasi mengenai cara mudah untuk mengatasi masalah mata berair yang perlu anda coba dan dijadikan referensi dirumah. Tapi segera konsultasi pada medis dokter jika anda mengalami mata berair berkepanjangan dengan disertai rasa sakit, mata memerah, iritasi, pendarahan, memar disekitar mata, sakit kepala, atau bahkan membuat anda tidak bisa melihat sama sekali.

Postedby: Walatra Sehat Mata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *