Ciri-ciri dan Penyebab Penyakit Mata Keratitis

Ciri-ciri dan Penyebab Penyakit Mata Keratitis

Ciri-ciri dan Penyebab Penyakit Mata Keratitis – Keratitis ialah inflamasi atau peradangan yang terjadi pada kornea mata, atau terjadinya infeksi pada mata merupakan penyebab utama penyakit keratitis mata ini.

Ciri-ciri dan Penyebab Penyakit Mata Keratitis

Keratitis mata merupakan jenis penyakit mata yang dapat berkembang semakin parah hingga memicu komplikasi jika tidak segera ditangani dengan benar. Beberapa komplikasi yang dapat terjadi meliputi peradangan kornea kronis, luka pada kornea, penurunan kemampuan penglihatan mata hingga kebutaan.

Ciri-ciri Penyakit Keratitis Mata :

  • Mata merah
  • Mata bengkak
  • Mata terasa nyeri dan iritasi
  • Sensasi rasa panas atau perih pada mata seperti terbakar
  • Air mata atau kotoran keluar terus menerus
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Sensasi adanya benda kecil yang menempel di dalam mata seperti pasir
  • Tidak dapat membuka mata
  • Perubahan kualitas penglihatan, seperti penurunan ketajaman mata atau tidak fokus dalam melihat objek.

Penyebab Terjadinya Penyakit Keratitis Mata :

Penyebab terjadinya kondisi keratitis mata dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, jamur ataupun parasit. Namun seringnya, keratitis kerap disebabkan akibat cedera dari kornea. Cedera pada kornea ini dapat karena pemakaian lensa kontak, kontaminasi zat asing,misalnya di kolam renang atau karena goresan benda asing pada kornea.

Pemakaian lensa kontak sendiri merupakan faktor utama yang dapat meningkatkan risiko terjadinya keratitis mata. Misalnya karena lensa kontak yang kurang bersih, terlalu lama dalam pemakaiannya ataupun akibat dari cairan pembersih lensa yang terkontaminasi. Keratitis mata juga tidak akan menular selama penyebabnya bukan karena infeksi.

Selain itu, penyebab lainnya seperti mata kering, paparan sinar matahari yang intens, kekurangan vitamin A, ataupun karena penyakit autoimun. Terdapat pula beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya keratitis. Diantaranya karena sistem kekebalan tubuh yang menurun, kondisi lingkungan yang lembab dan hangat, menderita HIV/AIDS, atau penggunaan tetes mata berisi kortikosteroid yang dapat menyebabkan infeksi semakin parah.

Itulah sekilas artikel mengenai penjelasan penyakit keratitis mata. Serta beberapa ciri-ciri dari penyakit keratitis mata dan penyebab terjadinya penyakit keratitis mata. Semoga bermanfaat.

Post By : Walatra Sehat Mata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *