Efek Samping dan Bahaya Lensa Kontak pada Mata

Efek Samping dan Bahaya Lensa Kontak pada Mata

Efek Samping dan Bahaya Lensa Kontak pada Mata – Lensa kontak saat ini sedang diminati serta banyak digunakan oleh banyak orang  karena bagi mereka yang memiliki masalah penglihatan akan terbantu. Selain itu, lensa kontak juga menunjang penampilan yang lebih oke lagi.

Efek Samping dan Bahaya Lensa Kontak pada Mata

Tapi, pernahkan terbesit di benak Anda mengenai bahaya pemakaian lensa kontak pada mata? Artikel ini akan menjelaskan mengenai Efek Samping dan Bahaya Lensa Kontak pada Mata. Simak selengkapnya di bawah ini.

  • Lensa kontak bisa menyebabkan kebutaan

Pemakaian lensa kontak yang sebentar atau seperlunya, tentu tidak akan menimbulkan masalah serius. Tapi saat Anda membiarkan lensa kontak bertengger di mata Anda melebihi waktu yang disarankan oleh dokter maka resiko ulkus kornea dapat meningkat. Ini dapat menyebabkan kebutaan.

  • Lensa kontak bisa membuat mata bengkak

Pemakaian lensa kontak memang sederhana dan bisa membuat penampilan seseorang terlihat baik. Tapi saat diimbangi dengan make up seperti maskara dan eyeliner yang tidak water proof, maka mata yang menggunakan lensa kontak dapat membengkak. Mata mudah membengkak saat terkena bahan kimia tertentu termasuk saat Anda ke salon. Karena itu, Anda harus berhati-hati agar mata tidak terkontaminasi bahan kimia demi menghindari terjadinya pembengkakan.

  • Lensa kontak bisa membuat mata memerah

Maka memerah biasanya disertai bengkak dan hal ini dapat dipicu oleh pemakaian lensa kontak dan juga make up mata yang tak tahan air.

  • Lensa kontak bisa membuat sakit mata

Bahaya pemakaian lensa kontak lainnya yang harus diperhatikan ialah mata yang mulai terasa nyeri. Menggunakan lensa kontak tidak sesederhana yang Anda bayangkan, bukan? Sakit mata dapat dipicu oleh banyak hal salah satu contohnya adalah lensa kontak yang masih digunakan ketika berenang. Air kolam renang mengandung zat klorin sehingga tak aman bila Anda memakai lensa kontak karena bisa sebabkan kerusakan pada mata.

  • Lensa kontak bisa membuat mata kering

Bila Anda adalah tipe orang yang sering berpergian dan mempunyai banyak aktifitas di luar ruangan. Menggunakan lensa kontak bisa sangat berbahaya. Keringnya mata dapat terjadi karena adanya asap dan angin.

  • Lensa kontak bisa menurunkan produksi air mata

Bahaya menggunakan lensa kontak selanjutnya adalah berkurangnya produksi air mata. Ini terjadi karena penggunaan lensa kontak di waktu yang sama ketika Anda mengkonsumsi obat tertentu. Contohnya, saat Anda mengkonsumsi pil KB. Dimana hormon estrogen otomatis meningkat dan ini membuat sensitivitas mata bertambah terhadap kontaknya. Ketika produksi air mata menurun, mata pun menjadi kering. Itulah mengapa Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsi obat.

  • Lensa kontak bisa menginfeksi mata

Satu lagi kondisi bahaya jika menggunakan lensa kontak yakni terjadinya infeksi pada mata. Kasus nfeksi pada mata ini banyak dialami oleh pengguna lensa kontak. Potensi infeksi bisa cukup besar jika Anda sering menyentuh lensa kontak tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Dimana tangan yang tidak dalam kondisi bersih dapat membuat lensa kontak terkontaminasi.

Demikian informasi mengenai Efek Samping dan Bahaya Lensa Kontak pada Mata. Setelah mengetahui berbagai bahaya yang dimunculkan ketika menggunakan lensa kontak, tentu Anda sebagi pengguna lensa kontak agar lebih berhati-hati lagi menggunakan lensa kontak. Semoga bermanfaat.

Posted by Walatra Sehat Mata Softgel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *