Gejala dan Penyebab Floater Pada Mata

Gejala dan Penyebab Floater Pada Mata

Gejala dan Penyebab Floater Pada Mata – Floater adalah suatu bayangan benda dengan ukuran kecil hingga besar tampak melayang-layang pada penglihatan. Ukuran floater bervariasi mulai dari adanya bintik-bintik hitam kecil sampai bayangan yang lebih besar seperti tali panjang. Floater biasanya akan muncul ketika seseorang melihat cahaya terang, baik itu matahari atau menatap warna dasar seperti warna putih terlalu lama.

Gejala dan Penyebab Floater Pada Mata

Floater muncul karena faktor usia bahkan pada mata normal cahaya akan masuk melalui lensa serta kornea mata menuju retina yang terletak dibagian belakang mata. Ada dua bagian mata yaitu depan dan belakang, cairan lendir tersebut berfungsi mempertahankan bentuk bola mata atau biasa disebut dengan vitreus.

Vitreus sendiri akan berkurang seiring bertambahnya usia dan muncul sisa-sisa kotoran yang menggenang di dalamnya. Dan hal inilah floater muncul pada penglihatan mata. Bukan pengaruh umur saja, ada beberapa faktor terjadinya floater adalah kecelakaan yang melukai mata, rabun dekat, peradangan mata, infeksi, komplikasi diabetes, retina sobek, tumor atau bahkan migrain.

Gejala dan Penyebab Floater Pada Mata

Pasalnya floater tidak mengakibatkan rasa sakit hanya saja mengganggu penglihatan secara berlebih. Adapun gejala floater yang tergolong tidak berbahaya adalah melihat bintik-bintik kecil atau garis seperti bayangan tali pada mata dan ada mengikuti alur penglihatan untuk beberapa saat. Tapi, ada juga gejala yang tidak biasa yang bisa menjadi berubah ukuran, melihat kilatan cahaya, kehilangan penglihatan, buram sampai mengalami rasa sakit di bagian mata.  Selain itu, adapun beberapa faktor penyebab floater antara lain:

  • Faktor Usia

Bertambahnya umur, mata umumnya mengalami perubahan sehingga penglihatan akan terganggu.

  • Adanya Pendarahan Pada Mata

Terdapat hal yang menjadi penyebab pendarahan di vitreus, diantaranya adalah trauma langsung pada mata atau adanya masalah pada pembuluh darah di dalam mata seperti kasus retinopati diabetik.

  • Adanya Peradangan Pada Mata Bagian Belakang

Kasus ini dikenal dengan uveitis posterior, yang mana lapisan uvea atau bola mata bagian belakang mengalami peradangan akibat infeksi.

  • Adanya Sobekan Retina

Hal ini bisa terjadi ketika vitreus mengerut hingga mampu menarik lapisan retina. Jika tidak tanpa pengobatan sobekan retina ini akan menyebabkan lepasnya lapisan pada retina yang berisiko kebutaan.

Nah, itulah informasi yang bisa disampaikan kali ini tentang gejala dan penyebab floater pada mata, semoga bermanfaat untuk anda semua.

Postedby: Walatra Sehat Mata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *