Manfaat Lutein Untuk Kesehatan Mata

Manfaat Lutein Untuk Kesehatan Mata

Manfaat Lutein Untuk Kesehatan Mata – Mata merupakan organ yang paling penting dan sangat dibutuhkan oleh manusia. Karena melalui mata, kita dapat melakukan berbagai aktifitas atau keperluan hidup dengan lancar. Sehingga kesehatan mata sangatlah penting untuk selalu dijaga agar tidak mudah mengalami penurunan penglihatan.

Manfaat Lutein Untuk Kesehatan Mata

Oleh sebab itu, salah satu cara untuk mencegah penurunan daya penglihatan mata. Sebaiknya dilakukan dengan mengonsumsi beberapa jenis sayuran maupun buah-buahan yang mengandung lutein. Lutein ialah senyawa gabungan karotenoid yang bisa didapatkan dari berbagai macam sayuran hijau tua, kuning telur, serta beberapa jenis buah-buahan.

Secara alami, lutein memang terdapat dalam tubuh manusia tepatnya berada di makula mata. Lutein juga merupakan antioksidan yang sangat berperan penting dalam memainkan peran mata. Dalam menjaga kesehatan mata, lutein bekerja sama dengan zeaxanthin untuk mencegah kerusakan maupun gangguan pada penglihatan mata. Adapun beberapa manfaat lutein untuk kesehatan mata, diantaranya seperti berikut ini.

Manfaat Lutein Untuk Kesehatan Mata :

  • Sebagai filter cahaya biru
  • Mencegah degerasi pada pusat retina atau mencegah kebutaan pada lansia
  • Mencegah penyakit katarak
  • Mengurangi kelelahan mata
  • Menjaga fungsi penglihatan normal

Jenis Makanan yang Mengandung Lutein :

  • Kale, dalam 100 gram kale terkandung 23,6 mg lutein umumnya berwarna hijau tua.
  • Bayam, mengandung zat besi, vitamin A dan zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata.
  • Lobak Hijau, mengandung berbagai jenis karotenoid.
  • Jagung Manis, mengandung komponen karotenoid seperti alpha karoten dan beta cryptoxanthin
  • Brokoli, kaya akan vitamin A, B komplek, C dan E.
  • Kacang Polong, kaya akan vitamin A dan karotenoid.
  • Telur, meski kuning telur mengandung lutein namun asupan telur harus dibatasi karena mengandung kolesterol tinggi.

Namun perlu diingat pula, pengonsumsian lutein jauh lebih aman jika ditentukan dengan dosis yang sesuai. Dan dosis tertinggi dalam pengonsumsian lutein yang dianggap aman ialah 15 mg perhari. Apabila asupan lutein berlebihan, dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan lainnya. Seperti gangguan penglihatan menjadi kabur, perubahan warna kuning pada kulit, gangguan janin dan gangguan jantung.

Itulah sekilas artikel mengenai berbagai macam manfaatkan dari lutein bagi kesehatan dan penjagaan mata. Serta beberapa jenis lutein alami yang bisa didapatkan dari makanan. Semoga bermanfaat.

Post By : Info Kita Semua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *