Penyebab Mata Berlemak

Penyebab Mata Berlemak

Penyebab Mata Berlemak – Mata berlemak adalah salah satu jenis penyakit mata yang langka tapi berbahaya. Kebutaan dapat menjadi akibat dari penyakit mata berlemak ini saat tidak diatasi dengan benar.

Penyebab Mata Berlemak

Dalam ilmu kedokteran, mata berlemak dipicu oleh beberapa faktor dan untuk dapat mengatasinya, tentu harus tahu penyebab mata berlemak terlebih dahulu. Baru setelah mengetahui penyebabnya, langkah pengobatan bisa dilakukan berdasarkan penyebabnya. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab mata berlemak.

  • Pterygium

Pterygium boleh jadi merupakan penyebab mata berlemak. Pterygium adalah kondsi gangguan kesehatan mata, dimana tandanya ialah adanya pertumbuhan selaput yang menutupi bagian putih bola mata. Kondisi seperti ini bisa terjadi disalah satu saja atau bahkan keduanya dan sebetulnya tak ada resiko kanker yang perlu dikhawatirkan.

Hanya saja saat kondisi ini terus saja dibiarkan, maka nantinya akan terus berkembang dan terjadilah penyebaran hingga menyerang bagian kornea mata. Otomatis, ketika kornea mata sudah terkena efeknya, penglihatan pun akan terganggu.

  • Pinguecula

Kemungkinan penyebab mata berlemak sifat non kanker selanjutnya adalah pinguecula yaitu tumbuhnya selaput lendir yang nantinya menjadi pelapis bola mata. Bukan hanya pada bola mata saja, lapisan ini pun terbentuk pada kelopak mata bawah/konjungtiva. Untuk gejalanya, mata berlemak akan memunculkan bintik kekuningan.

  • Iritasi kronis

Penyebab mata berlemak bukan karena Anda kebanyakan konsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh atau selalu mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol. Mata berlemak boleh jadi diakibatkan oleh iritasi kronis yang terjadi karena adanya paparan sinar matahari, angin ataupun polusi. Ini cukup wajar jika Anda sering keluar rumah. Iritasi sekecil apapun harus diatasi segera agar tidak menjadi parah.

  • Iklim hangat

Faktor yang satu ini sangat jelas mempengaruhi kesehatan mata. Khususnya menjadi faktor munculnya mata berlemak. Tidak diragukan lagi, orang yang tinggal didaerah beriklim hangat serta banyak menghabiskan waktu diluar akan sangat sering terpapar oleh angin dan matahari. Jadi, untuk siapa saja yang bertempat tinggal didaerah tropis dan juga beriklim hangat ada baiknya memang harus pintar menjaga kesehatan mata.

  • Faktor usia

Mata berlemak bisa terjadi akibat faktor usia, dimana biasanya orang orang dengan usia antara 20-50 tahun merupakan usia yang paling rentan. Lantaran pada usia tersebut, termasuk usia produktif. Maka, banyak aktifitas yang sekiranya mendukung terjadinya mata berlemak. Aktifitas di luar rumah merupakan contoh yang sangat umum.

  • Faktor jenis kelamin

Memang, jenis kelamin bukan penyebab langsung terjadinya mata berlemak. Namun kita mengetahui, bahwa kondisi kesehatan tertentu pasti ada faktor resikonya. Faktor resiko adalah faktor yang bisa meningkatkan resiko seseorang untuk mengalami gangguan kesehatan. Dalam kasus mata berlemak, ini justru cenderung dialami oleh pria dibandingkan wanita.

Demikian informasi tentang kemungkinan penyebab mata berlemak. Rutin mengecek kesehatan mata sangat dianjurkan supaya jika ada masalah dapat segera diatasi sebelum berkembang ke tahap yang lebih serius dan sulit untuk diatasi. Semoga bermanfaat.

Posted by Walatra Sehat Mata Softgel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *